marquee

I'm studied Information System at Gunadarma University 2011. This Is My Blog, My story, and My Task. I can share anything, in my blog :D

Wednesday, April 11, 2012

Manusia dan cinta kasih

Pengertian Cinta Kasih
Menurut kamus Bahasa Indonesia cinta  adalah rasa sangat suka, atau sayang , atau rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Oleh karena itu cinta kasih adalah rasa sayang kepada seseorang dengan disertai menaruh belas kasihan. Cinta memegang peranan penting, sebab cinta merupakan kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak hubungan yang erat dalam masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Pengertian tantang cinta dikemukakan oleh Dr.Sarlito W. Sarwono menurutnya cinta memiliki tiga unsur yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Keterikatan adalah adanya perasaan untuk bersama dia. Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa anda denga si dia sudah tidak ada jarak lagi. Kemesraan yaitu adanya rasa ingin dibelai atau membelai. Kemudian beliau mengemukakan bahwa tiga unsur tersebut tidak semua unsure cinta itu sama kuatnya. Terkadang ada keterikatan yang kuat tetapi keintiman atau kemesraan kurang. 


 Cinta juga diwarnai dengan kemesraan yang sangat bergejolak, tetapi unsur keintiman dan keterikaranya berkurang. Cinta seperti itu disebut cinta yang pincang. Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua. Dan cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal. Hakekat cinta menengah adalah suatu perasaan yang datang dari hati dan jiwa. Adapaun pengaruh yang ditimbulkan dari cinta menengah ini akan Nampak jelas hasilnya. Cinta tingkat terendah  adalah cinta yang paling keji, hina dan merusak rasa kemanusiaan. Karena itu bentuknya beranekaragam :
1.      Cinta kepada thagut
2.      Cinta berdasarkan hawa nafsu
3.      Cinta yang lebih mengutamakan cinta kepada orang tua
Hikmah cinta sangat besar. Diantara hikmah-hikmah tersebut adalah :
1.  Sesungguhnya cinta merupakan ujian yang berat dan pahit dalam  kehidupan manusia, karena cinta akan mengalami berbagai macam rintangan.
2.    Bahwa fenomena cinta yang telah melekat di dalam jiwa merupakan pembangkit untuk melestarikan kehidupan lingkungan.
3.     Bahwa fenomena cinta merupakan factor utama dalam melanjutkan hidup manusia
4.  Fenomena cinta, merupakan pengikat yang paling kuat dalam hubungan antar keluarga, saudara, dan masyarakat.
B.      Cinta Menurut Ajaran Agama
Ada yang berpendapat bahwa cinta dapat dikaitakan dengan mudah tanpa memandang agama. Tetapi dalam hidup manusia masih mendambakan tegaknya cinta dalam kehidupan.
-          Cinta diri
Cinta diri erat kaitanya dengan dorongan menjaga diri. Manusia senang untuk terus mengembangkan potensi dirinya. Ia mencintai segala sesuatu yang baik untuknya, dan sebaaliknya ia membenci sesuatu yang tidak baik untuknya. Diantara gejala cinta kepada dirinya sendiri adalah cinta kepada harta, yang memudahkan dirinya untuk mencapi semua kesenangan hidup. 



-          Cinta kepada sesama manusia
Agar manusia hidup dengan damai dan serasi ia tidak boleh membatasi diri sendiri dan egoismnya. Hendaknya kita menyeimbangkan cintanya itu dengan cinta kasih terhadap sesamanya.
-          Cinta seksual
Cinta erat kaitanya dengan dorongan seksual. Dorongan seksual melakukan fungsi yang sangat penting yaitu untuk keturunan kelangsungan jenis. Lewat dorongan seksual terbentuklah keluarga.
-          Cinta kebapakaan
Menurut para ahli dorongan kebapakaan bukanlah dorongan fisiologis seperti halnya dorongan keibuan, melainkan dorongan psikis. Dorongan ini Nampak jelas karena ini merupakan sumber kesenangan dan kegembiraan.
-          Cinta kepada Allah
Puncak cinta yang paling tinggi adalah cinta kepada Allah. Cinta yang kuat dan iklas akan membuat dorongan menuju kecintaan terhadap kehidupan lainya.
-          Cinta kepada Rasul
Cinta kepada Rasul adalah cinta kedua setelah cinta kepada Allah. Ini karena Rasul merupakan ideal sempurna bagi manusia  baik dalam tingkah laku, moral dan sifat luhurnya.

C.      Kasih Sayang
Menurut kamus Bahasa Indonesia kasih sayang adalah perasaan sayang perasaan cinta atau perasaan suka terhadap seseorang. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta, dalam kasih sayang sadar-tidak sadar masing-masing pihak menuntut tanggung jawab, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka dl. Kasih sayang adalah dasar komunikasi dalam keluarga, kokmunikasi antara anak dengan orang tuanya pada prinsipnya anak terlahir dari kasih sayang dari orang tua. Adanya kasih sayang mempengaruhi kehidupan anak di masyarakat. Dari cara pemberian cinta kasih ini dapat dibedakan :
1.      Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat pasif
2.      Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat aktif
3.      Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat pasif
4.      Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat aktif
D.     Kemesraan
Kemesraan berasala dari kata mesra yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan pada umumnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Kemampuan mencinta member nilai hidup. Cinta yang brelanjut menimbulkan kemesraan dan kemesraan adalah perwujudan cinta. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan bentuk seni melalui kemampuan dan bakatnya. Kemesraan tidak hanya terpatri dalam lubuk hati, tetapi juga memancar dari sinar mata. Tiap manusia pernah merasakan bercinta tetapi tidak semua manusia melahirkan rasa cinta dalam bentuk seni.
E.      Pemujaan
Pemujaan adalah manifestasi manusia kepada Tuhan yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dengan apapun. Karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti dari kehidupan untuk mendapatkan kebahagiaan. Tuhan adalah pencipta tetapi sekaligus penghacur segalanya, bila kita mengabaikan segala perintahnya.  Oleh krena itu pemujaan kepada Tuhan adalah jalan hidup untuk mendapatkan kebahagiaan. Dalam kehidupan banyak cara untuk melakukan pemujaan, sesuai dengan agama, kondisi, dan situasi. Pemujaan ini karena manusia ingin berkomunikasi pada Tuhanya, untuk meminta sesuatu.
F.       Belas Kasihan
Dalam surat Yohanes dijelaskan tiga macam cinta. Cinta agape adalah cinta manusia kepada Tuhan. Cinta Philia adalah cinta kepada bapak ibu dan saudara. Cinta amor/eros adalah cinta antara pria dan wanita. Perbedaan antara cinta Amor dan Eros adalah eros yaitu kodrati sebagai kodrati laki-laki dan perempuan, sedangkan amor cinta karena unsure-unsur yang sulit dinalar. Misalnya gadis cantik menikahi laki-laki kerdil. Ada juga cinta sesama cinta sesama ini adalah perpaduan antara cinta agape dan cinta philia. Cinta sesame ini untuk membedakan cinta kepada orang tua, pria/wanita, dan Tuhan. Dalam cinta sesame ini dikenal istilah belas kasihan.
Cara-cara menumpahkan belas kasihan. Dalam kehidupan banyak sekali yang harus dikasihani dan banyak cara kasihani antara lain: yatim piatu, orang-orang jompo yang tidak mempunyai ahli waris, pengemis, orang cacat, masyarakat yang menderita dan sebagainya. Berbagai macam cara orang memberi belas kasihan tergantung kondisi dan situasi.
G.     Cinta Kasih Erotis
Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih orang yang sama-sama sebanding, sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang-orang yang lemah. Cinta erotis kerap kali dikaitkan dengan pengalaman eksplosif berupa jatuh cinta. Yaitu keruntuhan antara tembok-tembok yang terdapat diantara dua orang. Keinginan seksual menuju kepada penyatuan diri tetapi bukan merupakan nafsu belaka tetapi untuk meredakan ketegangan yang menyakitkan. Keinginan seksual dapat dipengaruhi karana rangsangan kesepian. Cinta dapat merangsang untuk bersatu secara seksual. Dalam cinta kasih erotis terdapat ekslusivitas, yang tidak terdapat dalam cinta kasih persaudaraan dan keibuan. Cinta mereka semacam egoisme dua orang yang saling menemukan kesamaan. Cinta kasih erotis mempunyai suatu pendirian yaitu bahwa orang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya sedalam-dalamnya. Cinta kasih pada hakekatnya merupakan suatu prebuatan kemauan. Suatu kehidupan mengikat kehidupan dengan orang lain.

No comments:

Post a Comment