marquee

I'm studied Information System at Gunadarma University 2011. This Is My Blog, My story, and My Task. I can share anything, in my blog :D

Monday, October 29, 2012

Teori Motivasi

Teori Kebutuhan McClelland

Tugas mata kuliah "Teori Organisasi Umum 1" kali ini saya ingin sedikit bercerita sedikit mengenai pribadi saya, apa saja yang memotivasi saya dalam melakukan pekerjaan agar mencapai goal atau tujuan yang saya harapkan.

Pribadi saya lebih cederung ke arah “Teori Kebutuhan McClelland”, teori ini mengungkapkan 3 hal penting yaitu need for achievement, need for power, and need for affiliation. Sebelumnya, saya ingin sedikit menjabarkan tentang teori ini.

Teori Kebutuhan McClelland dikemukakan oleh David McClelland bersama dengan kawan-kawannya. Teori ini berfokus kepada 3 kebutuhan, yaitu : (Robbins, 2007)

1.     Need for Achievement
Need for Achievement atau kebutuhan akan pencapaian, kebutuhan ini mampu memberikan dorongan untuk berprestasi dan menggungguli, mencapai standar-standar, dan bekerja keras untuk mencapai keberhasilan.


2.     Need for Power
Need for Power atau kebutuhan akan kekuatan, kebutuhan ini membuat orang lain berperilaku sedemikian rupa hingga mereka tidak akan melakukan sebaliknya. Need for power merupakan suatu motivasi dimana seseorang yang ingin dianggap karna kemampuan akan kekuatannya.

3.     Need for affiliation
Need for affiliation atau kebutuhan akan hubungan, kebutuhan ini ingin menjalin pribadi yang baik dan ramah serta akrab terhadap diri sendiri ataupun dengan orang lain.

Apa yang tercakup dalam teori yang mengaitkan imbalan dengan prestasi seseorang individu . Menurut model ini, motivasi seorang individu sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang bersifat internal maupun eksternal.

Faktor Internal :

1.     Persepsi seseorang mengenai diri sendiri
2.     Harga diri
3.     Harapan pribadi
4.     Kebutuhan
5.     Keinginan
6.     Kepuasan kerja
7.     Prestasi kerja yang dihasilkan

Faktor Eksternal :

1.     Jenis dan sifat pekerjaan
2.     Kelompok kerjasama dimana seseorang bergabung melakukan kegiatan
3.     Organisasi tempat bekerja
4.     Situasi lingkungan pada umumnya
5.     System imbalan yang berlaku dan cara penerapannya

Keterangan diatas merupakan penjabaran dari “Teori Kebutuhan McClelland” dan saya akan sedikit menjabarkan diri pribadi saya.

    Dalam bekerja, saya lebih memikirkan hasil kerja yang saya kerjakan akan memberikan kepuasan bagi diri saya sendiri dan terutama orang lain yang mebutuhkan pekerjaan saya, dalam hal ini mungkin kita sebut saja sebgai boss saya. Saya lebih senang bekerja dengan jenis-jenis pekerjaan yang lebih kearah culinary atau wisatawan. Saya juga lebih senang bekerja degan banyak percakapan atau saya mendeskripsikan sesuatu tentang apa yang saya ketahui dan ilmu saya bermanfaat banyak untuk orang tersebut. Orang-orang disekitar lingkungan juga sangat membantu memberikan saya motivasi terhadap apa yang saya kerjakan. Jika saya lebih banyak berkumpul denga orang-orang yang senang share about everything in this world, saya lebih terpacu lagi untuk lebih rajin membaca dan mengetahui informasi-informasi penting yg terjadi didunia. Saya merupakan seorang yang tidak mudah menyerah dengan apa yang saya kerjakan jika itu merupakan hobi saya.

       Selain itu, dalam bekerja saya juga banyak berharap atas apa yang saya harapkan dapat terwujud dengan hasil keringat saya. Memberikan segala yang terbaik untuk orang tua saya saat ini merupakan motivasi terkuat bagi saya dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Saya cenderung orang yang tidak ingin terlihat lemah dihadapan siapun. Kegagalan yang menjadi motivasi saya untuk terus mencoba hingga berhasil dan menemukan apa yang menjadi kepuasan bagi diri saya sendiri. Kegagalan juga yang membuat saya bangkit karna kegagalan terkadang melemahkan harga diri menurut saya. Selain itu, pengakuan atau persepsi atau pandangan seseorang juga memotivasi saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari masa ke masanya.


2 comments:

  1. makasih informasinya... isi dari blog ini sangat membantu saya dalam menyelesikan tugas kuliah.

    ReplyDelete
  2. thank telah mau memberikan klom komentar

    ReplyDelete