marquee

I'm studied Information System at Gunadarma University 2011. This Is My Blog, My story, and My Task. I can share anything, in my blog :D

Tuesday, October 16, 2012

Teori Organisasi Umum

Ide Kreatif Sebuah Organisasi Intra Kampus (BEM)


          Dalam matakuliah kali ini, saya memiliki beberapa ide kreatif untuk sebuah organisasi intra kampus atau mahasiswa sering menyebutnya dengan BEM (Badan Ekskutif Mahasiswa). BEM adalah sebuah organisasi mahasiswa intra kampus  yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat universitas atau institut. Dalam melaksanakan program-programnya, umumnya BEM memiliki beberapa departemen. Pada dasarnya, Organisasi Mahasiswa adalah sebuah wadah berkumpulnya mahasiswa demi mencapai tujuan bersama, namun harus tetap sesuai dengan koridor AD/ART yang disetujui oleh semua anggota dan pengurus organisasi tersebut. Organisasi Mahasiswa tidak boleh keluar dari rambu-rambu utama tugas dan fungsi perguruan tinggi yaitu tri darma perguruan tinggi, tanpa kehilangan daya kritis dan tetap berjuang atas nama mahasiswa, bukan pribadi atau golongan.


BEM biasanya membawahi himpunan-himpunan per-fakultas yang ada di kampus tersebut. BEM juga merupakan sebuah organisasi yang mampu menyalurkan aspirasi tidak hanya mahasiswa melainkan aspirasi masyarakat Indonesia. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan BEM biasanya adalah mengadakan seminar, Kompetisi antar mahasiswa, lomba untuk siswa SMA atau SMP, atau berorasi didepan gedung DPR/MPR menyalurkan aspirasi masyarakat yang tentunya secara aman dan tentram dan tidak terjadi bentrok dengan pihak yang berwajib. Karna, dari yang biasanya sering kita lihat di acar berita televise, mahasiswa sering berorasi malah jadi merusak sarana dan prasarana yang ada. Berorasi atau menyampaikan pendapat tentu saja sangat baik bagi mahasiswa, tapi harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan dilakukan dengan tertib dan damai.

Saya ingin sedikit menyampaikan ide saya untuk kegiatan BEM, bahwasanya kegiatan BEM bisa dikembangkan tidak hanya mengadakan seminar. Kompetisi, lomba atau yang lain semacamnya tetapi juga melakukan kegiatan yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas. Karna diluar sana, tidak hanya di wilayah DKI Jakarta, banyak anak kecil yang tidak dapat merasakan bangku sekolah atau tidak dapat membaca dan menulis diseumurannya. Program pemerintah yang mencanangkan adanya sekolah gratis selama 9 tahun sepertinya belum dirasakan oleh masyarakat yang kurang mampu. Informasi-informasi mengenai sekolah gratis seperti itu belum banyak diketahui oleh mereka. Mahasiswa setidaknya bisa mengadakan kegiatan  penyuluhan yang memberikan informasi tentang program-program pemerintah mengenai pendidikan agar mereka mengenyam pendidikan dan mampu berkompetisi dengan siswa siswi lainnya dimasa depan. Dan diharapkan mereka mampu mengangkat derajat keluarganya.

Selain itu, kegiatan mahasiswa bisa juga dikembangkan dengan terjun langsung kedaerah-daerah terpencil yang anak-anaknya belum bisa membaca dan menulis, kita bisa memberikan sedikit ilmu kita maka akan memberikan banyak manfaat bagi mereka.



(Sumber : Wikipedia)

No comments:

Post a Comment