marquee

I'm studied Information System at Gunadarma University 2011. This Is My Blog, My story, and My Task. I can share anything, in my blog :D

Tuesday, October 30, 2012

E-commerce


Belanja lewat online shop


Tulisan saya kali ini ingin sedikit berbagi pengalaman tentang berbelanja melalui online shop atau internet. Tulisan ini adalah sedikit hasil diskusi dikelas dengan dosen saya pada mata kuliah Teori Organisasi Umum 1.
Oke, semua yang mengenal internet pasti sudah barang tentu tau tentang maraknya perdagangan secara online atau sering juga disebut dengan E-commerce. Sebenernya apa sih E-commerce itu?

Menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik , E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commmerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.



Belanja dengan online shop harus sangat berhati-hati, karena sudah banyak terjadi penipuan karenanya. Tapi disini, tidak hanya konsumen yang dirugikan, terkadang juga pihak online shop juga sering dirugikan atas pemesanan barang yang di cancel begitu saja. Sekarang tidak hanya melalui internet, para pengguna blackberry kebanyakan juga sudah banyak yang melakukan online shop, mereka menjual barang dagannya melalui group yang mereka buat sendiri.

Kemajuan teknologi jaman sekarang sangat memanjakan konsumen yang hobi belanja. Mereka tidak usah repot-repot keluar atau pergi ke mall untuk berbelanja, karena sekarang sudah banyak online shop yang menjual brand-brand ternama seperti tas, baju, sepatu, atau peralatan kecantikan yang sering dicari oleh wanita.

Berbelanja melalui online shop hanya bermodalkan kepercayaan antara penjual dengan pembelinya. Terkadang konsumen sering dikecewakan karna barang yang dibeli tidak sesuai dengan harapan consumen, mungkin gambar yang diperlihatkan dengan barang aslinya terkadang berbeda jauh, jadi kita sebagai konsumen harus bertanya secara detail mengenai barang yang kita pesan. Apalagi jika kita memesan barang brand ternama dengan harga yang mahal, kita harus bertanya secara detail tentang keaslian barang tersebut dan kalau perlu kita bisa melihat bukti dari keaslian barang yang kita pesan.

So, jika kamu konsumen yang suka belanja di online shop, berhati-hatilah dengan penipuan-penipuan yang ada. Kamu bisa menggunakan jasa Ebay atau PayPal untuk menghilangkan kekhawatiranmu akan kebohongan dari si penjual. Ebay dan PayPal merupakan perusahaan ternama yang menjamin keamanan uangmu sampai barang yang kamu pesan sampai ditanganmu. Jadi sudah pasti kalau kamu konsumen atau penjual, terapkanlah perilaku jujur karna hanya dengan kebohongan satu kai saja, namamu mungkin akkan di blacklist. Sekian.

No comments:

Post a Comment